cara pengaturan gboard di iphone dan android 61b7ae2199157 1

Cara Pengaturan Gboard di iPhone dan Android

Gboard atau Google Keyboard adalah keyboard virtual yang sangat populer, tersedia untuk Android dan iOS. Menjadi aplikasi Google, biasanya keyboard default di sebagian besar perangkat Android. Seperti beberapa aplikasi keyboard virtual lainnya, Gboard hadir dengan fitur koreksi otomatis.

Koreksi otomatis secara otomatis mengoreksi kata-kata saat mengetik dan menghilangkan kesalahan tanda baca. Koreksi otomatis aktif secara default dan merupakan berkah selama berfungsi sebagaimana dimaksud. Namun, Anda tidak dapat secara membabi buta mengandalkan fitur bertenaga AI yang dapat salah menafsirkan masukan Anda dan mengacaukan percakapan teks.

Mungkin, Jika merasa koreksi otomatis mengganggu atau sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman, Anda dapat menonaktifkannya. Maka Anda tidak perlu khawatir tentang kegagalan koreksi otomatis yang memalukan di media sosial, perpesanan, atau email bisnis. Mari lihat cara menonaktifkan koreksi otomatis di Gboard di Android, iPhone, dan iPad. Selain itu, ada beberapa pengaturan lain di Gboard yang dapat Anda matikan jika diinginkan.

Cara menemukan pengaturan keyboard Gboard

Di iPhone

Jika menggunakan Gboard atau aplikasi pihak ketiga lainnya seperti SwiftKey, maka mengubah pengaturan keyboard bisa sedikit rumit. Dikarenakan pengaturan untuk aplikasi papan ketik pihak ketiga di iOS tidak dapat diakses dari antarmuka Pengaturan iOS.

CATATAN : Sebelum masuk ke pengaturan keyboard, pastikan Gboard aktif di iPhone atau iPad Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, gulir ke bawah dan buka Gboard. Kemudian ketuk Keyboard dan nyalakan sakelar untuk Gboard jika belum diaktifkan. Juga, nyalakan sakelar untuk “Izinkan Akses Penuh”.

Untuk masuk ke pengaturan Gboard, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi perpesanan atau Catatan untuk meluncurkan keyboard.
  2. Ketuk ikon globe di kiri bawah hingga muncul keyboard Gboard di layar Anda.
  3. Tekan dan tahan tombol pengaturan (ikon roda gigi) pada keyboard dan ketuk Pengaturan.
  4. Buka Pengaturan papan ketik.

Di Android

  1. Buka Pengaturan di ponsel atau tablet Anda.
  2. Ketuk Sistem > Bahasa & masukan.
  3. Ketuk Keyboard virtual > Gboard.
  4. Anda sekarang dapat mengakses berbagai pengaturan untuk Gboard.

Matikan koreksi otomatis di Gboard (Google Keyboard)

Di iPhone dan iPad

Buka pengaturan Gboard > Pengaturan keyboard. Matikan tombol sakelar di sebelah Koreksi otomatis .

Google Keyboard sekarang tidak akan memperbaiki kesalahan ketik secara otomatis untuk Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk mengoreksi ejaan dan teks yang Anda ketik sebelum memposting.

Di Android

Buka pengaturan Gboard di Android. Ketuk Koreksi teks dan matikan sakelar untuk ” Koreksi otomatis “. Sekarang Gboard tidak akan mengoreksi kata saat mengetik.

Nonaktifkan teks prediktif di Gboard

Di iOS

Sayangnya, tidak ada pengaturan untuk mematikan teks prediktif di Gboard di iPhone. Jadi, Anda akan terus melihat saran kata yang disarankan Google Keyboard saat mengetik.

Namun, Anda dapat menonaktifkan saran Emoji di Gboard di iOS.

Di Android

Teks prediktif adalah saran kata yang muncul di bilah terpisah di bagian atas keyboard layar saat Anda mengetik teks. Fitur ini dapat membantu Anda memperbaiki kesalahan dan memungkinkan Anda mengetik jauh lebih cepat dari biasanya. Namun, Jika mendapatkan prediksi yang tidak jelas atau Gboard tidak dapat beradaptasi dengan gaya penulisan Anda, lebih baik nonaktifkan teks prediktif.

Untuk melakukannya, buka setelan Gboard > Koreksi teks. Matikan sakelar untuk “ Tampilkan strip saran ”. Bilah saran kata sekarang tidak akan muncul saat mengetik.

Matikan klik keyboard di Gboard

Saya pribadi tidak suka klik atau suara yang dibuat oleh keyboard saat mengetuk tombol virtual. Pasalnya klik pada keyboard menyebabkan gangguan dan sedikit mengganggu juga. Untungnya, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan suara keyboard di Gboard di Android. Namun, di iPhone, Gboard tidak menghasilkan suara apa pun.

Untuk melakukannya, buka pengaturan Gboard dan buka Preferences. Gulir ke bawah dan matikan tombol sakelar di sebelah ” Suara saat tombol ditekan “.

Matikan getaran di Gboard

Umpan balik haptic dapat mengganggu atau berguna tergantung pada preferensi dan gaya mengetik Anda. Saat umpan balik haptic diaktifkan, Anda merasakan getaran lembut pada setiap penekanan tombol. Ini memberikan perasaan mengetik di keyboard fisik. Umpan balik haptic adalah sesuatu yang bukan merupakan bagian dari stok keyboard iOS. Nah, Jika tidak menyukai haptics untuk penekanan tombol maka Anda cukup mematikannya untuk Gboard.

CATATAN : Jika pengaturan System Haptics (terletak di Settings > Sounds & Haptics) dimatikan pada perangkat iOS Anda, maka getaran Gboard akan dinonaktifkan secara otomatis.

Di iPhone

Buka pengaturan Gboard > Pengaturan keyboard. Kemudian nonaktifkan pengaturan untuk ” Aktifkan umpan balik haptic pada penekanan tombol “. Sekarang Anda tidak akan merasakan getaran atau umpan balik sentuhan saat mengetik di keyboard Google.

Di Android

Buka pengaturan Gboard > Preferensi. Gulir ke bawah dan nonaktifkan tombol sakelar di sebelah ” Umpan balik haptic saat tombol ditekan “.

Jika tidak ingin sepenuhnya menonaktifkan getaran, ketuk “Vibration strength on keypress” dan atur intensitas yang diinginkan.

Nonaktifkan keyboard mengambang di Gboard

Gboard untuk Android hadir dengan fitur keyboard mengambang yang memungkinkan pengguna untuk menggerakkan keyboard di sekitar layar. Seseorang dapat menempatkan keyboard di mana saja dan bahkan mengubah ukurannya untuk penggunaan satu tangan yang mudah.

Untuk menghilangkan keyboard mengambang di Gboard,

  1. Ketuk ikon panah maju di bilah atas.
  2. Kemudian ketuk 3 titik horizontal.
  3. Ketuk opsi Mengambang. Keyboard sekarang akan beralih kembali ke tampilan biasa.

Atau, Anda dapat menyeret keyboard ke bagian bawah layar untuk memasangnya ke posisi semula.

Nonaktifkan pengetikan suara di Gboard

Jika khawatir tentang privasi dan tidak menggunakan metode input suara, sebaiknya matikan pengetikan suara Google. Untuk menonaktifkan ucapan-ke-teks di Gboard, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Di iOS

Buka pengaturan Gboard > Pengaturan keyboard. Matikan tombol sakelar untuk ” Input suara “.

Atau, buka Pengaturan iOS > Gboard dan matikan akses ke Mikrofon.

Di Android

Buka setelan Gboard > Dikte. Matikan sakelar untuk “ Gunakan pengetikan suara ”. Ini akan menonaktifkan perekaman dan akan mematikan fitur suara ke teks.

Matikan kapitalisasi otomatis di keyboard Google

Kapitalisasi otomatis diaktifkan secara default di Gboard yang secara otomatis menggunakan huruf kapital pada kata pertama setiap kalimat. Ada cara cepat untuk mematikan fitur ini.

iPhone – Buka pengaturan Gboard > Pengaturan keyboard dan matikan sakelar untuk Kapitalisasi otomatis .

Android – Buka pengaturan Gboard > Koreksi teks dan nonaktifkan sakelar untuk Kapitalisasi otomatis.

Beri tahu kami setelan lain yang ingin Anda konfigurasikan di Gboard.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.