Cara Ubah Ukuran Gambar Windows 10

Cara Ubah Ukuran Gambar Windows 10 Secara Massal

Gambar memainkan peran penting dalam setiap aspek kehidupan digital, baik untuk digunakan di situs web atau blog, atau ditambahkan untuk membuat presentasi lebih menarik. Tetapi untuk mendapatkan daya tarik visual yang maksimal, gambar harus memiliki ukuran tertentu.

Anda bisa mengubah ukuran foto di sistem operasi Windows 10 dan tidak ada masalah jika melakukan ini untuk satu atau dua foto. Tetapi bagaimana jika ingin mengubah ukuran gambar secara massal? Nah, bisa melakukannya dengan menggunakan fitur Image Resizer.

Untuk ini, pertama-tama harus menginstal Microsoft PowerToys di PC Windows 10. Ini adalah program open source yang ditujukan untuk menyediakan seperangkat alat untuk produktivitas yang lebih besar.

Menggunakan fitur bawaan alat ini, gambar dapat diubah ukurannya secara individual atau massal langsung dari file explorer. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah detailnya.

Mengubah Ukuran Gambar di Windows 10 via PowerToys

Langkah 1: Untuk mengubah ukuran gambar secara massal di laptop atau PC Windows 10 Anda, pertama-tama harus menginstal PowerToys dan kemudian mengaktifkan opsi untuk Image Resizer. Untuk mengunduh PowerToys, klik tombol unduhan melalui situs resmi Microsoft.

Langkah 2: Sekarang, buka file pengaturan yang baru diunduh untuk PowerToys dan ikuti prosedur di layar untuk menginstalnya.

Langkah 3: Sekarang, luncurkan aplikasi PowerToys di sistem dan buka “Image Resizer” di panel sisi kiri. Di sisi kanan, aktifkan sakelar untuk opsi “Aktifkan Pengubah Ukuran Gambar”.

Langkah 4: Buka folder yang berisi gambar yang ingin ubah ukurannya. Pilih semua gambar yang ingin ubah ukurannya dan kemudian klik kanan pada pilihan. Dari menu konteks, klik opsi “Ubah ukuran gambar”.

Langkah 5: Di jendela Pengubah Ukuran Gambar yang terbuka, pilih ukuran yang diinginkan dari opsi default atau masukkan ukuran khusus pilihan lalu ketuk tombol Ubah Ukuran.

Setelah proses selesai, akan menemukan gambar yang diubah ukurannya di folder yang sama ketika gambar asli disimpan. Anda juga dapat mengonfigurasi pengaturan Image Resizer dengan membuka aplikasi. Pengaturan yang dapat sesuaikan termasuk ukuran gambar, penyandian, nama file, dan banyak lagi.

Mengubah Ukuran Gambar

Layar pengaturan untuk Image Resizer memungkinkan mengonfigurasi ukuran file keluaran. Secara default, ada empat ukuran yang dapat dipilih — Kecil, Sedang, Besar, dan Telepon, dengan tinggi dan lebar piksel yang berbeda. Anda juga dapat menentukan ukuran kustom sendiri untuk mengubah ukuran gambar sesuai kebutuhan.

juga dapat mengonfigurasi untuk mengubah ukuran gambar asli alih-alih menyimpan file asli apa adanya dan menyimpan salinan file sebagai gambar yang diubah ukurannya. Ini berguna jika tidak memiliki banyak ruang penyimpanan yang tersisa atau tidak perlu gambar asli setelah diubah ukurannya.

Pengkodean Gambar

Dalam konfigurasi default, file yang diubah ukurannya disimpan dalam format yang sama seperti aslinya. Pengubah ukuran gambar tidak dapat menyembunyikan jenis file tetapi jika alat tidak mengenali format aslinya, itu akan menyimpan gambar di folder khusus pengguna sebagai cadangan. Anda dapat mengkonfigurasinya untuk menyimpan sebagai JPEG, PNG, atau TIFF dan juga menentukan tingkat kompresi.

Penamaan File

juga dapat memilih untuk menentukan format nama file untuk menyimpan gambar yang diubah ukurannya. Ini menawarkan enam variabel yang dapat digunakan, yang meliputi nama file asli, nama ukuran, lebar yang dipilih, tinggi yang dipilih, lebar aktual, dan tinggi aktual.

Anda dapat menyimpan nama sebagai %1 – %2 dan jika nama file adalah ‘MobiGyaan’ dan mengubah ukurannya menjadi ukuran ‘Telepon’, gambar akan disimpan sebagai ‘MobiGyaan – Telepon.’

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.