Cara Mengetahui Samsung Exynos atau Snapdragon

Cara Mengetahui Samsung Exynos atau Snapdragon

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada dua varian chip atau prosesor Samsung Galaxy, yaitu Snapdragon dan Exynos. Jika ingin mengetahui dan memeriksa apakah ponsel Galaxy kamu adalah Snapdragon atau Exynos, maka silahkan simak terus penjelasan di bawah ini.

CPU Exynos sebagian besar tersedia untuk konsumen di Eropa dan Asia. Sementara konsumen di China dan Amerika Utara kemungkinan besar akan menerima Snapdragon.

Perbedaan Antara Exynos dan Snapdragon

Struktur Exynos dan Snapdragon SoCs memang banyak perbedaanya. Jika dijalankan dengan baik, masing-masing dari mereka seharusnya menjadi juara dalam dirinya sendiri—namun, seperti yang kita semua tahu, tidak demikian halnya. Semua prosesor Exynos Samsung dirancang dan diproduksi sendiri, sedangkan Qualcomm mengalihdayakan produksi chip ke TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Pengembangan chip adalah proses kolaboratif, dan Qualcomm dan Samsung menggunakan arsitektur ARM, bersama dengan tweak internal, untuk prosesor mereka. ARM menyediakan inti Cortex untuk kedua bisnis, dari mana Samsung membuat versi Mongoose dan Qualcomm mengubah dan menamainya inti Kryo.

Chip Exynos didesain dengan CPU octa-core, sedangkan prosesor Snapdragon dengan chip quad-core. Meskipun demikian, Qualcomm mengatakan bahwa inti Kryo mengungguli Core Cortex dan Mongoose hingga 23%.

Qualcomm menggunakan GPU dipesan lebih dahulu yang dijuluki Adreno, yang langsung lebih unggul dari GPU Mali ARM, yang telah digunakan Samsung pada SoC mereka. Namun, dengan CPU Exynos 2100 saat ini, Samsung menggoda AMD untuk GPU Seluler masa depan tetapi memilih GPU ARM Mali-G78 terbaru. Namun, semua tidak hilang untuk chip Samsung. Ini membanggakan RAM dan Kecepatan Memori yang lebih cepat karena penggunaan semikonduktor yang lebih kecil.

Mengapa Samsung Menggunakan Chip Exynos?

Chip Exynos dipilih oleh Samsung karena berbagai alasan, yang sebagian besar bersifat komersial. Sebagai produsen perangkat seluler terbesar berdasarkan volume, keinginan Samsung untuk mengurangi ketergantungan pada produsen chip lainnya dapat dimengerti.

Ini adalah paradigma yang berhasil diterapkan oleh Apple, dan manfaatnya terlihat jelas. Karena sebagian besar jaringan seluler di Amerika Serikat menggunakan CDMA, sebagian besar ponsel Exynos berakhir di Eropa dan Asia daripada di Amerika Serikat. Itu sebelumnya tidak didukung pada CPU Exynos sebelumnya.

Pertimbangan lain adalah bahwa Snapdragon telah mengintegrasikan LTE dan mendukung video 4K, yang keduanya telah diperjuangkan oleh CPU Exynos di masa lalu.

Cara Cek Chip Snapdragon atau Exynos

Tidak ada cara langsung untuk memeriksa apakah ponsel Galaxy Anda memiliki chip Snapdragon atau Exynos. Tetapi aplikasi CPU-Z mungkin berguna dalam situasi ini. Ini adalah aplikasi gratis yang bisa didapatkan dari Play Store. CPU-Z adalah aplikasi yang berguna untuk mengetahui informasi sistem perangkat Anda. Itu berarti Anda dapat memeriksa status baterai, kapasitas, merek perangkat, sistem, dan informasi lainnya.

Download CPU-Z dari Google Play Store.

Setelah diinstal, luncurkan. Sekarang, navigasikan ke tab Devices dan periksa apakah itu Snapdragon atau Exynos di sebelah opsi Board.

Atau, buka Pengaturan > Tentang ponsel > Nomor model. Jika nomor model diakhiri dengan F/DS adalah model Exynos sedangkan U dan W adalah Snapdragon.

Demikianlah cara cek apakah ponsel Galaxy Anda memiliki chip atau prosesor Snapdragon atau Exynos.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.