Cara Mengatasi iPhone Yang Lemot Setelah Upgrade

Apple telah memperkenalkan model baru dari artificial intelligence (kecerdasan buatan) kepada dunia dengan menghadirkannya di iOS 16. Namun banyak pengguna iPhone merasa lemot setelah melakukan upgrade OS.

Sistem operasi yang diperbarui ini telah mampu menghebohkan para penggunanya dengan berbagai fitur seperti App Library, Home screen widget, dan desain yang terlihat ringkas dan unik. Namun demikian, bahkan versi terbaru iOS ini belum dapat mengatasi dari masalah pada seri sebelumnya.

Sebagian pengguna iPhone sangat mengeluhkan masalah baterai yang cepat habis, sementara yang lain sudah capek dengan kinerja sistem operasi yang sangat lemot.

Jika kalian juga mengalami masalah kelambatan sistem operasi iPhone, simak terus artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi iPhone atau iPhone yang selalu lemot dengan mencoba trik-trik berikut ini.

Cara Mengatasi Masalah iOS Yang Lemot

Jika kalian bertanya-tanya mengapa iPhone atau iPad berjalan lemot, untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa alasan mengapa kecepatannya lambat. Misalnya, dengan ruang penyimpanan yang tidak mencukupi, memori ponsel yang penuh, dan bahkan adanya bug di sistem, tentu saja, menurut kami, masalah yang terakhir adalah salah satu kasus yang jarang terjadi.

Belum lagi masalah ini bahkan dapat disebabkan oleh banyak aplikasi yang jarang digunakan. Ingatlah hal ini terjadi karena berbagai alasan, dan di bawah ini kami dapat membantu untuk mengatasi masalah iPhone yang lemot setelah melakukan upgrade iOS.

Sekarang simak tips untuk memperbaiki masalah iOS yang lemot saat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Restart iPhone

Salah satu solusi terbaik dan paling praktis adalah dengan menggunakan opsi restart paksa, yang juga dikenal sebagai hard reset. Metode ini akan dengan mudah menyelesaikan masalah umum seperti layar sentuh yang tidak berfungsi sementara.

Sebagian besar masalah yang terjadi dapat dengan mudah diselesaikan dengan metode ini. Metode untuk melakukan hal ini akan bervariasi sesuai dengan model perangkat, kami sarankan agar melakukan langkah-langkah dengan benar dan akurat.

iPhone 8 ke Atas

Tekan tombol Volume Naik, lalu segera tahan tombol Volume Turun. Setelah itu, tekan tombol Power sampai logo Apple muncul di layar.

iPhone 7 atau 7 Plus

Tekan dan tahan tombol Volume Naik dan Volume Turun secara bersamaan hingga logo Apple muncul.

iPhone 6 ke bawah

Tekan dan tahan tombol Power secara bersamaan dengan tombol Home hingga logo Apple muncul di layar.

Setelah merestart perangkat, cek untuk memastikan iOS 14 berjalan dengan lancar dan cepat.

Nonaktifkan opsi Background App Refresh.

Meskipun fitur Background App Refresh sangat berguna dan bermanfaat karena membuat aplikasi tetap diperbarui dan aktif bagi pengguna, perlu diingat bahwa opsi ini menguras baterai perangkat dan juga mengurangi kecepatannya secara signifikan.

Jika solusi pertama tidak berpengaruh pada peningkatan kecepatan perangkat iOS, pastikan untuk menonaktifkan fitur ini. Untuk melakukannya, cukup buka Settings -> General -> Background App Refresh lalu pilih opsi Disable.

Aktifkan Reduce Motion

Langkah lain yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah gerakan lambat pada iOS 14 adalah mengaktifkan opsi Reduce Motion. Tentu saja, mengaktifkan opsi ini tidak hanya akan membuat ponsel lebih awet, tetapi juga akan membuat bekerja dengan perangkat lebih lancar. Untuk mengaktifkannya, cukup buka Settings -> Accessibility -> Motion dan aktifkan opsi Reduce Motion.

Reset ulang semua pengaturan

Jika restart paksa tidak meningkatkan kinerja perangkat kamu, sebaiknya reset ulang semua pengaturan perangkat. Harap diperhatikan bahwa metode ini merupakan solusi utama dan akan menghapus pengaturan saat ini seperti pengaturan VPN dan kata sandi Wi-Fi. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan file dan data di perangkat kamu, karena tidak akan terpengaruh oleh metode ini.

Untuk melakukannya, buka Settings (Pengaturan) -> General (Umum) -> Reset (Atur Ulang) -> Reset semua pengaturan. Kemudian konfirmasi reset dengan memasukkan kode sandi perangkat iOS.

Bersihkan Ruang Penyimpanan

Rekomendasi lain yang bisa dilakukan adalah menghapus sebagian file dari penyimpanan iPhone. Kalian dapat menghapus file yang sudah tidak diperlukan yang mungkin menghabiskan ruang dan bikin perangkat iOS jadi lemot.

Jika ingin mendapatkan informasi yang jelas mengenai penggunaan memori dan berapa banyak jenis file yang disimpan, buka Settings -> General -> iPhone Storage dan dengan mudah melihat bagaimana file-file tersebut disimpan dalam memori iPhone.

Setelah menghapus sebagian besar file, mulailah membersihkan internal storage dan singkirkan semua tangkapan layar, foto, video, film, musik, dan file yang tidak diperlukan.

Menghapus aplikasi yang sudah lama tidak digunakan juga akan memainkan peran penting dalam meningkatkan kecepatan iPhone. Jika tidak ingin menghapus aplikasi, gunakan fitur Offload. Fitur Offload akan menghapus aplikasi tanpa menghapus datanya.

Perbarui Semua Splikasi

Jika lama tidak memperbarui aplikasi di iPhone, kemungkinan kecepatan ponsel akan berkurang secara signifikan. Kami sarankan agar memperbarui aplikasi ini sesegera mungkin. Untuk melakukannya, buka App Store dan buka tab Today di sudut kiri bawah layar. Selanjutnya, ketuk Profile di sudut kanan atas layar dan pilih Update All.

Perbarui iOS

Setiap kali Apple memperbarui iOS, maka kita akan melihat peningkatan performa perangkat, kemajuan secara keseluruhan di beberapa area, dan bahkan perbaikan bug sebelumnya. Karena alasan ini, kami menyarankan untuk selalu memperbarui sistem operasi agar kinerja perangkat tetap maksimal dan menghindari masalah yang tidak terduga.

Pastikan baterai ponsel minimal 50% dan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil sebelum memperbarui sistem operasi; lalu buka General pada menu Settings dan pilih opsi Software Update. Terakhir, sentuh opsi Download dan instal agar perangkat memulai proses pembaruan secara normal.

Kami berharap dengan menggunakan trik dan tips di atas kamu bisa mengatasi masalah lemotnya iPhone kamu, tentunya dengan mengikutinya selangkah demi selangkah kamu akan melihat iPad dan iPhone bekerja dengan lancar dan cepat lagi, seperti ketika awal pertama beli. Tips mana yang paling membantu? Manakah di antara hal-hal di atas yang membantu mengatasi masalah kelambatan pada iPhone atau iPad? Bagikan pemikiran kamu di bagian komentar.

Penutup

Dengan menggunakan trik-trik ini, masalah lelet biasanya akan teratasi sepenuhnya, tetapi jika tidak ada satu pun dari trik ini yang dapat menyelesaikan masalah, kami sarankan untuk melakukan reset pabrik agar dapat memperbaiki iPhone kamu.

Kami telah mencoba memberikan solusi yang berguna untuk semua masalah yang mungkin ditemui di iOS. Namun, jika tidak bisa juga mengatasi lemot di perangkat iOS, sebaiknya bawa ke service center Apple di kota terdekat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *