Cara mengaktifkan TPM Windows 10

Microsoft baru-baru ini mengumumkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 11. Salah satu persyaratan untuk menginstal versi yang lebih baru ini adalah mengaktifkan chip TPM atau Trusted Platform Module pada perangkat.

Meskipun perangkat mungkin menyertakan chip TPM, ada kemungkinan chip tersebut tidak diaktifkan secara default dan mungkin perlu mengaktifkannya secara manual untuk menggunakan fitur seperti BitLocker di Windows 10 atau memutakhirkan sistem ke Windows 11.

TPM pada dasarnya adalah chip anti-rusak yang dirancang untuk menghasilkan, menyimpan, dan melindungi kunci enkripsi dan biasanya tertanam pada motherboard.

Untuk menginstal Windows 11 dan memeriksa kompatibilitas dengan sistem, Microsoft telah menawarkan aplikasi Windows PC Health Check. Jika tes gagal karena TPM dan tidak yakin cara mengaktifkannya, berikut adalah panduan langkah demi langkah mengaktifkan TPM Windows.

Cara mengaktifkan chip TPM di Windows 10

Langkah 1: Buka Pengaturan di PC atau laptop dan buka “Perbarui & Keamanan.”

Langkah 2: Sekarang, klik “Recovery” dan di bawah bagian “Advanced startup”, klik tombol Restart now.

Langkah 3: Dari opsi, klik “Pemecahan Masalah” dan kemudian “Opsi Lanjutan” untuk memilih opsi “Pengaturan Firmware UEFI”.

Langkah 4: Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, klik “Restart” dan kemudian buka halaman pengaturan keamanan di perangkat.

Langkah 5: Sekarang, pilih opsi Trusted Platform Module (TPM) dan tekan Enter.

Langkah 6: Setelah itu, pilih opsi “Diaktifkan” dan tekan Enter.

Langkah 7: sekarang dapat keluar dari pengaturan UEFI dan kemudian mengkonfirmasi perubahan untuk me-restart komputer Windows 10.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah yang disebutkan di atas, modul keamanan akan memungkinkan untuk mengonfigurasi dan menggunakan fitur seperti BitLocker atau lulus pemeriksaan kompatibilitas untuk menginstal sistem operasi Windows 11 terbaru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *