Cara tambah Disk Cleanup ke menu konteks Windows 10

Cara menambahkan Disk Cleanup ke menu konteks Windows 10

Menu konteks di sistem operasi Windows adalah menu yang muncul saat klik kanan mouse. Dan itu akan menampilkan beberapa fungsi paling umum atau sering digunakan. Mirip dengan sebagian besar fitur Windows 10 lainnya, fitur ini juga dapat disesuaikan dengan menghapus opsi atau menambahkan yang baru.

Disk Cleanup adalah alat utilitas penting dari Microsoft yang sudah ada di dalam sistem operasi Windows. Tool ini berguna untuk memindai hard drive komputer dari bermacam file yang tidak lagi perlukan seperti file temporary, halaman web yang di-cache, dan item yang ditolak yang berakhir di Recycle Bin sistem. Namun, fungsi tersebut tidak ada di menu konteks.

Dalam panduan langkah demi langkah ini, kami akan membagikan cara menambahkan opsi Disk Cleanup ke menu konteks untuk drive di sistem Windows 10.

Cara menambahkan Disk Cleanup ke menu konteks untuk drive di Windows 10

Untuk Anda yang ingin mencoba menambahkan Disk Cleanup ke menu konteks di Windows 10 tanpa aplikasi maka dapat melihat tutorialnya di bawah ini.
Langkah 1: Buka pencarian Windows dan cari Registry Editor lalu tekan Enter.

Langkah 2: Di Peninjau Suntingan Registri, klik menu tarik-turun untuk HKEY_CLASSES_ROOT dan gulir ke bawah untuk mencari folder bernama ‘Drive.’

Langkah 3: Setelah menemukan folder Drive, klik menu drop-down dan temukan shell. Di sini, klik kanan pada shell lalu pilih New > Key dan buat Key baru.

Langkah 4: Sekarang, ganti nama kunci yang baru dibuat sebagai Disk Cleanup.

Langkah 5: Klik pada kunci ‘Disk Cleanup’ ini dan kemudian klik kanan pada panel di sisi kanan. Dalam popup yang muncul, klik New dan pilih New String Value.

Langkah 6: Ganti nama file yang baru saja dibuat sebagai ikon. Setelah itu, klik kiri dua kali pada ikon tersebut dan akan muncul popup yang menanyakan Value data, Di kotak itu, ketik ‘cleanmgr.exe’ lalu tekan tombol Ok.

Langkah 7: Setelah selesai, kembali ke panel sisi kiri dan klik kanan pada Disk Cleanup dan buka NEW lalu pilih opsi untuk membuat Key baru.

Langkah 8: Ubah nama kunci menjadi command. Setelah mengganti nama kunci, akan menemukan file di panel sebelah kanan, bernama (Default). Klik dua kali pada file tersebut dan masukkan data nilai: cleanmgr.exe /d%1, dan tekan OK.

Penutup

Untuk memverifikasi bahwa opsi telah ditambahkan ke menu konteks, buka This PC di komputer Anda, lalu klik kanan pada drive mana pun. Pilihan ‘Disk Cleanup‘ sekarang harus ada di menu konteks.

Untuk informasi menarik lainnya Anda bisa lihat juga Cara Ubah Ukuran Gambar Windows 10 Secara Massal yang sudah di bahas pada tutorial sebelumnya yang mungkin akan sangat berguna bagi Anda. Namun apabila Anda mempunyai cara lain yang lebih mudah maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Artikel ini disadur dari Mobigyaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *