Cara Install Windows Media Player 12 di Laptop Windows 10/11

Saat ini mungkin sudah banyak pengguna yang menggunakan VLC atau aplikasi media player pihak ketiga lainnya, tetapi Windows Media player tetap masih yang terbaik.

Windows Media Player adalah pemutar media bawaan Microsoft untuk sistem operasi Windows dari dulu sampai sekarang. Sayangnya, semua itu berubah semenjak Windows 10 di perkenalkan. Sekarang kita perlu diinstal lagi jika ingin menggunakannya.

Jadi, dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara install dan mengaktifkan Windows Media Player 12 di Windows 10.

Apa itu Windows Media Player?

Windows Media Player (WMP) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft terutama untuk sistem operasi Windows. Aplikasi ini digunakan untuk memutar, menyimpan, dan mengatur audio digital, foto, dan video.

Saat menjalankan Windows Media Player, perangkat lunak akan secara otomatis mencari Koleksi Musik, Gambar, dan Video. Dan bahkan membuat katalog semua yang ditemukannya secara otomatis.

Selain itu juga dapat memilih folder tertentu untuk menemukan file musik dari perangkat, dan bahkan Windows Media Player dapat memutar lagu dari satu drive, tetapi kamu perlu menyinkronkan drive terlebih dahulu.

Windows Media Player menggunakan format file WMV, WMA, dan ASF untuk mengkodekan audio dan video yang didownload dari Internet atau dihapus dari compact disk atau media penyimpanan lainnya.

Iterasi terbaru dari WMP juga mencakup kemampuan untuk menyinkronkan media digital dengan perangkat media portabel, seperti Microsoft’s Zune atau Creative’s Zen, dan untuk membeli atau menyewa konten dari media store online. Karena WMP menggunakan Microsoft Windows Media DRM, bukan FairPlay DRM, file yang disandikan WMP tidak kompatibel dengan iPod.

Cara Install WMP 12 di Windows 10/11

Cara Install Windows Media Player

Windows Media Player disertakan sebagai fitur opsional pada Windows 10 dan Windows 11, kita harus mengaktifkan terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan WMP 12, pertama harus menginstalnya. Secara default, Windows Media Player tidak diinstal pada perangkat Windows, jadi perlu install secara manual.

  1. Tekan tombol Windows+ I untuk membuka Pengaturan Windows lalu klik Apps.
  2. Klik Optional features di bawah opsi Apss & Feature.
  3. Lalu gulir ke bawah ke Windows Media Player dan centang kotak di sebelahnya.
  4. Selanjutnya klik tombol Install.
  5. Setelah itu, proses instalasi akan dimulai. Silahkan tunggu sampai selesai.

Cara Menjalankan Windows Media Player 12

Cara Menjalankan Windows Media Player 12

Ada beberapa cara untuk menjalankan Windows Media Player di Windows dan di sini saya akan menunjukkan dua cara yang paling mudah:

1. Melalui Start Menu

Salah satu cara untuk menjalankan WMP 12 adalah dengan melalui Start Menu. Metode ini paling simpel, ikuti caranya berikut ini.

Langkah pertama silahkan buka Start menu dan setelah itu pada kolom search ketik Windows Media Player. Dan dari hasil pencarian, klik Open untuk meluncurkan WMP 12.

 

2. Melalui Fungsi RUN

Cara lain untuk menggunakan WMP 12 yakni melalu RUN. Dengan cara ini akan mempermudah kalian untuk membukan aplikasi Windows Media Player 12. Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah pertama, hidupkan laptop atau PC lalu tekan Windows + R untuk menjalankan Run. Setelah itu, ketik wmplayer.exe dan klik OK. Otomatis WMP akan terbuka dan siap untuk kita gunakan memutar file media.

Cara Menghapus Instalasi Windows Media Player 12

Cara Menghapus Instalasi Windows Media Player 12

Jika tidak suka menggunakan Windows Media Player 12 lagi di komputer Windows, kita dapat denga mudah menghapusnya. Berikut cara menghapus WMP 12 di Windows 10.

  1. Tekan tombol Windows+I untuk membuka Pengaturan Windows.
  2. Setelah itu klik Apps.
  3. Kemudian klik Optional features.
  4.  Sekarang, klik Windows Media Player lalu pilih Uninstall. Windows Media Player akan dicopot pemasangannya.

 

Kesimpulan

Jika ingin bernostalgia dengan media player bawaan Microsoft, sekarang kamu sudah dapat menggunakannya untuk memutar film ataupun lagu menggunakan Windows Media Player 12.

Demikianlah menginstal Windows Media Player 12 untuk Windows 10 Pro dan Home. Ingat, kamu tidak perlu menggunakan Windows Media Player jika tidak sesuai dengan selera kamu. Faktanya, mungkin ada media player yang lebih baik di luar sana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *