Cara Cek Kabel Lightning iPhone Asli atau KW

Cara Cek Kabel Lightning iPhone Asli atau KW

Apakah kamu kehilangan kabel Lightning iPhone? Apakah akhirnya rusak setelah bertahun-tahun digunakan? Nah, saatnya untuk mendapatkan yang baru dan jika ingin membelinya, pastikan kamu mendapatkan yang tepat.

Meskipun sangat mudah untuk membeli kabel di bawah 50 ribu rupiah di platform belanja online, tetap yang terbaik adalah membeli pengisi daya iPhone yang berkualitas. Selain kemungkinan bahaya kebakaran yang dapat merusak ponsel yang berharga dan mahal, hal itu juga dapat membahayakan orang-orang yang kamu sayangi.

Tidak hanya itu, laporan sebelumnya mengklaim bahwa beberapa kabel Lightning yang imitasi mengandung keylogger yang dapat mencuri kata sandi dan mungkin informasi sensitif lainnya.

Jadi sekali lagi, yang terbaik adalah berinvestasi dalam pengisi daya kabel Lightning yang bagus. Lagi pula, kamu akan menggunakannya setiap hari pada perangkat yang jauh lebih mahal.

Masalahnya, dengan semua barang palsu yang tersedia di toko offline dan online, terkadang sulit untuk membedakan mana yang asli. Untungnya, Apple memiliki panduan tentang cara memeriksa apakah kabel Lightning yang kamu beli palsu atau tidak bersertifikat.

Hal-hal yang perlu diperiksa sebelum membeli pengisi daya kabel iPhone Lightning

Tip 1: Periksa lencana MFi pada kemasannya. Akronim adalah singkatan dari “MFi”, yang merupakan tag yang dipasang Apple pada aksesorinya sendiri dan aksesori pihak ketiga sebagai sertifikasi bahwa itu aman untuk digunakan di iPhone, dan bahkan untuk perangkat iPad dan iPod.

Lencana MFi

Sejak diperkenalkan, MFi kini memiliki logo baru. Namun, beberapa aksesori mungkin menggunakan lencana lama, yang seharusnya tidak ada masalah.

Tip 2: Untuk kabel Lightning ke USB bermerek Apple, periksa apakah kabel dilengkapi dengan cetakan “Designed by Apple in California” dan dengan tulisan “Assembled in China”, Vietnam, atau “Indústria Brasileira” yang berjarak sekitar tujuh inci dari konektor USB. Di sebelah kata-kata itu harus ada nomor seri 12 digit.

Tip 3: Untuk kabel Lightning bermerek Apple, periksa apakah kepala Lightning memiliki karakteristik berikut:

  • Konektor Lightning utama hanya boleh memiliki lebar 7,7 mm dan panjang 12 mm.
  • Sisipan pelat muka harus abu-abu/logam.
  • Pin harus menjadi satu bagian dan halus. Pengisi daya juga harus bulat, halus, dan kontaknya memiliki kontak emas atau perak.

Tip 4: Untuk kabel Lightning bermerek Apple, kamu harus memeriksa apakah kepala USB sebenarnya memiliki karakteristik berikut:

  • Kontak USB harus berlapis emas.
  • Permukaan harus halus, konsisten, dan rata.
  • Interlock harus berbentuk trapesium dan berjarak sama dari tepi.
  • Permukaan isolator harus rata dan seragam.

Tip 5: Ini adalah rekomendasi pribadi dan cukup sederhana: periksa harganya. Kabel Lightning bermerek Apple asli dijual berkisar 200 sampai 300 ribu. Jika kamu melihat sesuatu yang kurang dari itu, ada kemungkinan besar itu palsu/KW.

Tip 6: Periksa toko tempat kamu membelinya. Jika kamu menginginkan kabel bermerek Apple, kamu mungkin ingin membeli langsung dari Apple Store atau melalui situs web resmi mereka.

Di Indonesia, kamu bisa mendapatkan aksesoris Apple asli dari distributor terkenal seperti A-CTR atau iStore.

Tip 7: Bukan rahasia lagi bahwa kabel Lightning Apple sendiri rapuh dan mudah aus. Inilah sebabnya mengapa juga ideal untuk membeli dari merek pihak ketiga tetapi tepercaya.

Beberapa pembuat aksesori Apple terkemuka adalah Belkin dan Anker, yang memproduksi kabel yang jauh lebih kokoh daripada milik Apple.

Ada juga merek yang kurang terkenal yang dapat bisa ditemukan di Lazada dan Shopee. Satu-satunya kunci di sini adalah, setelah menemukan yang kamu sukai, lakukan riset di web atau periksa komentar pelanggan untuk melihat apakah mereka memang bagus dan dapat diandalkan.

Saya pribadi menggunakan kabel Lightning dari merek Cina bernama uGreen. Saya memiliki kabel selama bertahun-tahun, dan masih terlihat dan berfungsi seperti baru. Bagian terbaiknya adalah, harganya hanya di bawah 100 ribu rupiah.

Apakah kamu punya saran lain tentang cara memeriksa apakah Kabel Lightning iPhone bagus atau tidak? Mari kita dengarkan mereka di komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *